web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Cara Efektif Membangun Disiplin Kerja

Disiplin kerja adalah salah satu elemen penting untuk mencapai puncak kesuksesan karier. Jika dilihat dari sisi karyawan, sikap ini membuat pekerjaan yang dijalani dapat berjalan dengan baik dan akhirnya membawa dampak yang baik bagi kehidupan karier dan dari sisi perusahaan disiplin kerja akan mempengaruhi kelancaran pelaksanaan kerja perusahaan, sehingga akan mendapat hasil yang maksimal.

Pengertian Disiplin Kerja

Sebelum membahas lebih dalam bagaimana cara-cara yang dapat membangun sikap disiplin kerja, anda perlu mengetahui terlebih dulu arti disiplin itu sendiri agar dapat lebih mudah menerapkan cara ini pada diri anda.

Disiplin Kerja secara umum memiliki arti suatu sikap dan tingkah laku yang menunjukkan ketaatan karyawan terhadap peraturan organisasi.

Sedangkan menurut salah satu ahli, Sastrohadiwiryo(2003) “disiplin kerja adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya”.

Tips Membangun Disiplin Kerja

Tips Membangun Disiplin Kerja

Tidak semua orang mampu menerapkan sikap disiplin kerja ini, maka berikut ini adalah cara sederhana dan efektif yang bisa anda lakukan dan pada akhirnya akan membuat anda terbiasa bersikap disiplin:

  • Berkomitmen dan Dimulai dari Diri Sendiri

Berkomitmen untuk bersikap disiplin ialah salah satu cara paling sederhana jika ingin mencapai suatu tujuan hidup.

Berkomitmen untuk bersikap disiplin ialah salah satu cara paling sederhana jika ingin mencapai suatu tujuan hidup.

  • Fokus Pada Target Jangka Panjang

Tetapkan target apa yang menjadi alasan anda melakukan pekerjaan yang sedang ditekuni, lalu fokus pada tujuan tersebut bayangkan saat anda berhasil mencapai kesuksesan tersebut.

  • Buat Prioritas

Buat list pekerjaan dan tentukan bagian-bagian yang menjadi prioritas. Urutkan dari pekerjaan yang paling sulit hingga yang paling mudah, sehingga pekerjaan anda dapat selesai tepat waktu. Dengan begitu masih ada sisa waktu yang bisa anda gunakan untuk menyenangkan diri anda sendiri.

  • Latih Diri

Usahakan untuk lakukan 3 hal diatas secara terus menerus untuk melatih anda agar pada akhirnya anda tebiasa dalam bersikap disiplin.

Pentingnya Memiliki Sikap Disiplin Kerja

Sikap disiplin sangat penting untuk dimiliki dalam hidup agar dapat menjadi pekerja yang baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus memiliki sikap disiplin di dalam diri anda:

  • Seseorang yang disiplin adalah orang yang professional
  • Seorang pekerja yang memiliki sikap disiplin dapat dengan mudah mempertahankan posisinya di dalam perusahaan tempat ia bekerja
  • Sikap disiplin akan membuat anda mampu untuk menyelesaikan tugas dengan mudah serta cepat

Terus latih diri anda untuk membiasakan diri bersikap disiplin dalam bekerja, agar apapun target yang anda miliki dapat tercapai.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.