web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Cara Menentukan Harga Jual Agar Terus Memperoleh Laba

Menentukan harga jual merupakan strategi marketing yang memiliki peran besar dalam proses penjualan. Harga jual suatu barang seringkali dijadikan salah satu pertimbangan utama para konsumen dalam keputusan pembelian. Untuk itu anda harus dengan cermat menentukan harga barang yang akan anda jual.

Faktor-Faktor yang Menentukan Harga Jual

Faktor-Faktor yang Menentukan Harga Jual

Untuk dapat menentukan harga jual suatu barang, anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor apa yang menentukan harga jual

  • Konsumen

Faktor pertama yang harus anda perhatikan adalah konsumen, karena konsumen/pelanggan merupakan prioritas dalam suatu bisnis. Penentuan harga jual harus sesuai dengan pangsa pasar anda. Sebagai contoh, jika pangsa pasar anda adalah menengan kebawah, anda harus memberikan harga yang murah. Sebaliknya jika target anda adalah menengah ke atas, maka anda dapat memberikan harga yang sesuai pula, karena mereka lebih memprioritaskan nilai dan kualitas.

  • Biaya

Biaya juga menjadi faktor penting dalam menentukan harga jual. Anda harus memperhatikan berapa total biaya yang anda keluarkan untuk menghasilkan produk tersebut, karena jika tidak maka harga yang anda tentukan tidak akan menutup modal yang telah anda keluarkan sehingga dapat membuat bisnis anda bangkrut.

  • Kompetitor

Sering kali kompetitor dijadikan alat perbandingan dan patokan dalam menentukan harga. Anda harus mengetahui harga pasaran produk sejenis yang ditawarkan oleh kompetitor. Jika produk anda memiliki kualitas yang lebih baik, maka anda boleh saja memeatok harga yang lebih tinggi dari kompetitor.

  • Keuntungan Usaha

Besarnya laba yang ingin anda peroleh juga harus ditetapkan dalam menentukan harga jual. Jika keuntungan yang anda peroleh terlalu kecil, berarti harga jual yang anda tetapkan belumlah dapat dikatakan tepat.

Penetapan Harga Jual

Setelah anda mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual, barulah anda bisa dengan bijak menentukan harga jual. Ada dua tipe pendekatan yang dapat digunakan dalam menetapkan harga jual, sebagai berikut:

1. Pendekatan biaya

Melalui pendekatan ini, harga ditetapkan berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk setiap satuan produknya ditambah dengan laba yang diinginkan. Berikut ini adalah cara penentuan harga yang menggunakan pendekatan biaya:

  • Harga Biaya Plus ( Cost Plus Pricing)

Penetapan harga ini, dilakukan dengan cara menghitung jumlah total biaya produksi, ditambah dengan keuntungan yang diinginkan (Harga Jual = Modal + Margin)

  • Harga Mark Up (Mark Up Pricing)

Beberapa usaha perdagangan dilakukan dengan cara membeli barang dari supplier, kemudian dijual kembali dengan menambah harga jualnya, itulah yang disebut dengan mark up. Dari situ lah pedagang memperoleh keuntungan, namun sebagian pedagang juga menggunakan mark up untuk menutup biaya operasional yang telah dikeluarkan. (Harga Jual = Harga Beli + Mark Up)

  • Harga Break Even (Break Even Pricing)

Break even pricing adalah cara menentukan harga jual berdasarkan pada permintaan pasar. Usaha anda dikatakan break even jika penghasilan anda sama dengan modalnya, sementara usaha anda akan mendapatkan keuntungan jika hasil penjualan yang anda daparkan lebih besar dari break even.

2. Pendekatan berdasarkan hubungan dengan pasar

Pendekatan ini, penentuan harga tidak ditetapkan berdasarkan biaya, tetapi harga lah yang menentukan biaya bagi usaha anda. cara-cara diatas tersebut, diharapkan dapat membantu anda dalam menentukan harga jual secara bijak, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang anda inginkan bagi usaha anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.