web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Etika Bisnis yang Perlu Anda Terapkan, Agar Bisnis Anda Panjang Umur

Dalam dunia bisnis, kenyamanan dan kepercayaan masyarakat serta mitra kerja menjadi faktor yang sangat besar pengaruhnya dalam keberlangsungan bisnis anda. Etika bisnis sangat diperlukan disini untuk mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat dan mitra kerja anda. Dengan etika yang baik, maka bisnis yang anda jalani dapat berkembang lebih mudah. Lalu apa sebenarnya pengertian etika bisnis itu? Mari simak lebih lengkapnya.

Pengertian Etika Bisnis

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencangkup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, mitra kerja dan juga masyarakat. Etika bisnis dapat membentuk nilai dalam membangun hubungan yang sehat dan baik dengan mitra kerja.

Menurut Hill and Jones, “Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Di mana hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.”

Tujuan Etika Bisnis

Etika bisnis bagi pengusaha bertujuan untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak melakukan dirty business. Di mana, hal itu dapat merugikan banyak pihak yang terkait. Etika bisnis juga dapat menciptakan citra baik perusahaan, sehingga masyarakat percaya dan merasa nyaman untuk menjalin kerja sama dengan anda.

Contoh Etika Bisnis

Berikut adalah beberapa contoh etika bisnis yang dapat anda lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan mitra kerja anda:

  • Sebutkan nama lengkap

Dalam situasi berbisnis, anda sebaiknya menyebutkan nama lengkap saat berkenalan.

  • Berdirilah saat memperkenalkan diri

Berdiri saat memperkenalkan diri, akan menegaskan kehadiran anda. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk berdiri, setidaknya mundurkan kursi, lalu sedikit membungkuk agar orang lain menilai positif terhadap kesopanan anda.

  • Ucapkan terima kasih secukupnya

Dalam percakapan bisnis dengan siapapun, bos atau mitra perusahaan, anda hanya perlu mengucapkan terima kasih secukupnya saja. Jika mengatakannya berlebihan, orang lain akan memandang kalau mitranya sangat memerlukannya dan sangat perlu bantuan.

  • Kirim ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis

Setelah anda menyelesaikan pertemuan bisnis, kirimkan ucapan terima kasih secara terpisah ke email pribadi mitra bisnis Anda. Pengiriman lewat email sangat disarankan, karena pengiriman pesan melalui email akan lebih cepat.

  • Jangan duduk sambil menyilang kaki

Dalam kondisi kerja, posisi duduk sambil menyilangkan kaki cenderung tidak sopan. Selain itu, posisi duduk seperti ini dapat berdampak negatif pada kesehatan.

  • Tuan rumah yang harus membayar

Jika anda mengundang mitra kerja untuk makan di luar, maka anda lah yang harus membayar tagihan. Besar kecilnya usaha yang anda punya, tidak menentukan apakah anda harus tetap menerapkan etika bisnis atau tidak. Jika bisnis yang anda bangun masih terbilang bisnis yang kecil, penerapan etika bisnis dapat membantu membangun citra baik bagi perusahaan untuk meyakinkan masyarakat akan usaha anda. Jika usaha anda adalah usaha yang cukup besar, dengan etika bisnis yang anda terapkan dapat membantu mempertahankan reputasi perusahaan anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.