web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Kebebasan Finansial yang Menjadi Dambaan Semua Orang

Kebebasan Finansial akan selalu menjadi dambaan setiap orang, dimana tidak perlu lagi mengkhawatirkan akan mengalami krisis finansial, tidak terdesak untuk selalu mengumpulkan uang, tidak diharuskan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup.  Apakah anda sudah dapat dikategorikan sebagai orang yang bebas secara finansial? Mari pelajari terlebih dahulu apa pengertian kebebasan finansial sesungguhnya.

Pengertian Kebebasan Finansial

Banyak orang yang masih salah dalam mengartikan Kebebasan Finansial. Mereka beranggapan bahwa Kebebasan Finansial adalah saat seseorang memiliki banyak uang, padahal sebenarnya Kebebasan Finansial adalah keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhan hidupnya tanpa harus bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Jurus Jitu Menggapai Kebebasan Finansial

Jurus Jitu Menggapai Kebebasan Finansial

Robert Kiyosaki, adalah seseorang yang mengungkapkan rahasia kebebasan finansial terbaik di dunia melalui bukunya yang berjudul “Rich Dad Poor Dad”, dan berikut beberapa jurus jitu menurut Robet Kiyosaki yang dapat anda lakukan agar dapat mencapai titik kebebasan finansial:

  • Melek Finansial

Melek finansial disini dapat diartikan mampu memahami hal-hal yang berhubungan dengan keuangan termasuk mengenai aset dan liabilitas(beban)

  • Kontrol Pengeluaran

Sebagai manusia yang sangat konsumtif, mengendalikan pengeluaran adalah sebuah tantangan besar, tetapi wajib untuk dilakukan karena akan sangat berpengaruh terhadap neraca keuangan.

  • Jangan Pernah Berhutang

Hutang adalah salah satu faktor dari gagalnya neraca keuangan. Karna jika anda memiliki hutang, uang yang anda miliki akan habis hanya untuk menutup hutang anda tersebut.

  • Sediakan Dana Darurat

Yang dimaksud dana darurat adalah uang yang cukup digunakan untuk menjalanihidup selama 3 bulan. Hal ini dimaksudkan apabila anda tiba-tiba kehilangan sumber pemasukan, anda akan tetap aman selama tiga bulan ke depan, dan cara yang tepat untuk menyediakan dana darurat adalah dengan menabung di rekening baru.

  • Miliki Tujuan Keuangan

Apabila anda tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas, akan sulit bagi anda untuk mencapai kebebasan finansial. Contohnya apabila anda becita-cita menjadi pengusaha, maka mulailah untuk membangun usaha tersebut. Hal ini akan bermanfaat untuk memotivasi anda dalam menjalani hidup yang anda impikan.

  • Sederhanakan hidup

Manusia adalah makhluk yang konsumtif, gaya hidup yang selalu mengikuti trend dan perkembangan jaman akhirnya menuntut anda untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya yang lambat laun akan mengakibatkan hilangnya semangat kerja anda, dan pada akhirnya anda akan jatuh pada kemiskinan.

Lakukan 6 kiat-kiat diatas dan jangan berhenti untuk belajar tentang segala topik yang berhubungan dengan keuangan, agar kemampuan anda dalam mengelola keuangan semakin terasah sehingga dapat mencapai titik kebebasan finansial yang selama ini anda dambakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.