web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Ketahui Cara Kerja Sistem Pembayaran Kartu Kredit

Seperti yang kita ketahui, sistem pembayaran secara online dewasa ini sangat digandrungi oleh masyarakat. Dengan banyaknya kemudahan dan keuntungan yang diberikan, membuat masyarakat semakin ketergantungan untuk membayar segala sesuatunya menggunakan kartu kredit.

Apa Itu Kartu Kredit

kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran yang sah dan diterbitkan oleh pihak bank sebagai sebuah layanan kepada nasabahnya (cardholder), di mana hal tersebut diberikan dengan disertai sebuah kesepakatan atau  perjanjian antara kedua belah pihak

Berdasarkan Pasal 1 Angka 4 Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 tentang Pengertian Kartu Kredit, sebagaimana kemudian diubah dengan Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/8/PBI/2008 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu, yaitu: “Kartu Kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran tersebut pada waktu yang disepakati, baik secara sekaligus (charge card) ataupun secara angsuran.”

Sistem Pembayaran Kartu Kredit

Sistem pembayaran kartu kredit adalah suatu jenis penyelesaian transaksi retail dan sistem kredit. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat seseorang ingin menggunakan kartu kredit adalah mengajukan permohonan kartu kredit kepada pihak bank penerbitnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi bank dan membawa semua persyaratan yang diminta oleh pihak bank. Pada proses pengajuan kartu kredit, pihak bank akan melakukan serangkaian proses terhadap aplikasi yang diajukan, yang meliputi verifikasi terhadap data dan juga persyaratan yang diberikan, dan biasanya beberapa bank menyertakan proses survei. Dalam proses pengajuan ini sendiri, bank akan membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Setelah disetujui, barulah kartu kredit akan dikirimkan ke alamat yang sudah diberikan pemohon sebelumnya.

Setelah kartu kredit diterima, akan tertera nama perusahaan penerbit kartu kredit tersebut pada permukaan kartu. Perusahaan penerbit kartu kredit memiliki peran tersendiri dalam segala transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, berikut peran-perannya:

  • Proses Transaksi yang Dilakukan

    Transaksi dengan menggunakan kartu kredit adalah sebuah proses yang dapat dikatakan cukup rumit, yang berarti hal ini akan melibatkan beberapa pihak sekaligus dalam setiap transaksi tersebut. Pihak-pihak tersebut adalah:

    1. Si pemilik/pemegang kartu kredit
    2. Toko dimana tempat orang tersebut berbelanja
    3. Bank yang digunakan oleh pihak toko
    4. Perusahaan penerbit kartu kredit yang digunakan
    5. Bank yang digunakan oleh pemilik kartu kredit

  • Sistem pembayaran yang ditetapkan oleh bank

    Saat seseorang telah melakukan transaksi pembelanjaan dengan menggunakan kartu kredit, transaksi tersebut masih akan berlanjut pada pembayaran yang akan dilakukan oleh pihak bank dan juga penagihan transaksi tersebut kepada pemilik kartu kredit. Berikut tahapan pembayarannya:

    1. Ketika melakukan transaksi pembelanjaan di sebuah toko, maka pemilik/pemegang kartu kredit akan diminta untuk menandatangani slip pembayaran yang dikeluarkan oleh mesin EDC. Kemudian pihak toko akan menagih pembayaran yang sesuai dengan slip tersebut kepada pihak bank yang digunakan pemilik kartu kredit, dan bank akan membayarkannya sesuai dengan nominal yang tertera di sana.

    2. Bersamaan dengan itu, pihak bank akan mengirimkan tagihan pembayaran kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit tersebut. Lalu perusahaan penerbit kartu kredit akan melakukan pembayaran dan kemudian melakukan penagihan kepada pihak bank yang digunakan.

    3. Kemudian bank yang digunakan oleh pemilik/pemegang kartu kredit tersebut akan membayar sejumlah tagihan yang telah diminta kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit dan selanjutnya akan menagihkannya dengan cara mengirimkan tagihan tersebut kepada si pemilik kartu kredit.

Cara Kerja Kartu Kredit

Cara Kerja Kartu Kredit

Adapun cara kerja kartu kredit, sebagai berikut:

  1. Seorang pemilik/pemegang kartu kredit melakukan pembayaran dengan cara memberikan kartu kredit Anda kepada penjaga kasir toko, yang selanjutnya penjaga tersebut akan menggesek kartu kredit tersebut pada mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang akan membaca data pada kartu kredit
  2. Mesin EDC akan membaca garis-garis magnetik yang terdapat di balik kartu kredit dan mengirimkan informasi kunci yang terdapat di sana (misal:  nomor kartu kredit, plafon, tanggal kadaluarsa, dan lain-lain) ke bank yang digunakan oleh pemilik toko
  3. Pada waktu yang bersamaan, bank yang bersangkutan akan menerima berbagai informasi yang terdapat dalam kartu kredit dan melakukan proses validasi transaksi tersebut saat itu juga
  4. Pihak bank yang digunakan oleh pemilik toko tersebut akan mengirimkan informasi mengenai transaksi yang sedang dilakukan, kepada pihak perusahaan penerbit kartu kredit
  5. Selanjutnya, pihak penerbit kartu kredit akan melakukan pengecekan mengenai validasi kartu kredit kepada pihak bank yang digunakan si pemilik
  6. Setelah ada konfirmasi dari pihak bank yang digunakan, maka pihak penerbit kartu kredit akan melanjutkan informasi tersebut kepada pihak bank yang digunakan oleh toko, dan kemudian transaksi bisa disetujui oleh mereka.

Kelebihan Kartu Kredit

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit kian menjadi pilihan banyak orang karna kemudahan dan kelebihan yang didapatkan dari penggunannya. Berikut beberapa kelebihannya:

  • Mudah dibawa dan digunakan
  • Lebih aman, karna tidak perlu lagi membawa terlalu banyak uang tunai
  • Kemudahan melakukan transaksi pada waktu yang diinginkan namun dapat dibayarkan dikemudian
  • Terdapat pengadaan promo potongan harga atau bonus tambahan yang diberikan dari penggunaan kartu kredit tersebut.

Kekurangan Kartu Kredit

Dengan banyaknya kemudahan dan kelebihan dari pemakaiannya, bukan berarti penggunaan kartu kredit tidak memiliki kelemahan atau kekurangan seperti berikut:

  • Bunga tinggi. Jika tidak mampu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu, maka akan dikenakan denda dengan bunga yang terbilang tinggi.
  • Kemungkinan terjebak hutang. Apabila melewatkan pembayaran transaksi berulang-ulang, besar kemungkinannya akan terlilit hutang, dengan denda yang semakin bertambah dan menumpuk.
  • Adanya biaya tambahan. Penggunaan kartu kredit biasanya akan dikenakan biaya tambahan seperti biaya tahunan kartu kredit atau biaya meterai.
  • Penahanan dana atau deposit. Jika kartu kredit digunakan dalam transaksi hotel, kemungkinan sejumlah dana ditahan sebagai deposit atau biaya jaminan yang akan dipotong jika terjadi kerusakan pada fasilitas hotel.
  • Biaya tinggi di luar negeri. Umumnya kartu kredit menetapkan konversi mata uang asing yang cukup tinggi, sehingga membuat tagihan kartu kredit membengkak jika digunakan di luar negeri.

Pembayaran yang dilakukan menggunakan kartu kredit ataupun debit, sudah pasti melibatkan banyak pihak termasuk bank. Beberapa toko melibatkan pula pihak payment gateway ikut serta dalam proses transaksi tersebut. Payment gateway berguna sebagai penjembatan antara toko dan bank saat proses transaksi. Dengan menggunakan payment gateway, transaksi yang dilakukan akan lebih aman karena data pribadi si pemilik/pengguna kartu kredit akan terjaga kerahasiaannya, selain itu proses transaksi akan cenderung lebih mudah dan cepat.

Jika anda sebagai pemilik toko dan toko anda belum menggunakan payment gateway untuk proses transaksi, Prismalink International bisa menjadi pilihan anda dalam memilih payment gateway yang terpercaya. Prismalink adalah payment gateway di Indonesia yang siap membantu proses bertransaksi anda agar tetap aman dan nyaman, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan akan membantu perkembangan toko anda.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap apa itu payment gateway dan peran serta cara kerjanya, Anda dapat menghubungi tim support Prismalink International yang akan membantu anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.