web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Kurva Permintaan dan Penawaran

Kurva adalah suatu objek geometri yang merupakan satu-dimensi dan kontinyu. Banyak kurva khusus telah dipelajari dalam geometri, mulai dari lingkaran, hingga garis lurus yang terdiri atas persambungan titik-titik. Kurva bisa naik dan turun. Bisa naik saja atau turun saja

Dalam ilmu ekonomi kurva dibagi menjadi 2, yaitu kurva permintaan dan kurva penawaran, kurva memiliki fungsi untuk melihat pergerakan bagaimana faktor-faktor memengaruhi permintaan, penawaran, dan harga dari suatu barang.

Pengertian Kurva Permintaan

Dalam ilmu ekonomi, jumlah permintaan akan suatu barang akan meningkat jika harganya turun. Dengan kata lain Kurva Permintaan merupakan grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen. Kurva ini memiliki gradient atau kemiringan negatif, artinya gradient atau kemiringan pada kurva ini menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara harga dengan permintaan adalah berbanding terbalik.

Jenis Permintaan

Jenis permintaan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  • Permintaan Berdasarkan Daya Beli
    1. Permintaan Efektif
    Permintaan terhadap barang atau jasa yang disertai oleh daya beli. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan mampu membayarnya.

    2. Permintaan Absolut
    Permintaan terhadap barang atau jasa yang tidak disertai oleh daya beli. Pada permintaan absolut ini, konsumen tidak mempunyai kemampuan untuk membeli barang yang mereka inginkan.

    3. Permintaan Potensial
    Permintaan terhadap barang atau jasa yang disertai oleh daya beli, namun konsumen masih mempertimbangkan transaksinya.
  • Berdasarkan Jumlah yang Melakukan Transaksi
    1. Permintaan Individu
    Adalah permintaan seseorang terhadap barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

    2. Permintaan Kelompok
    Yaitu, permintaan dari sekelompok orang atau masyarakat terhadap barang/jasa yang terjadi secara bersamaan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang bersubsidi
  • Harga barang komplementer
  • Tingkat pendapatan perkapita
  • Selera atau kebiasaan
  • Jumlah penduduk
  • Perkiraan harga di masa mendatang

Contoh Kurva Permintaan

Pengertian Kurva Penawaran

Kurva Penawaran adalah kebalikan dari Kurva Permintaan. Jika harga suatu barang naik, maka barang yang di tawarkan juga akan naik. Kurva Penawaran juga dapat diartikan sebagai penggambaran hubungan antara harga dengan jumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada masing-masing tingkat harga. Kurva ini memiliki gradient atau kemiringan positif, artinya gradient pada kurva ini naik dari pojok bawah kiri menuju ke pojok kanan atas.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

  • Harga barang itu sendiri
  • Harga Barang terkait
  • Biaya produksi
  • Teknologi
  • Jumlah produsen
  • Kebijakan Pajak dan Subsidi dari pemerintah
  • Ekspetasi harga di masa depan

Contoh Kurva Penawaran

Terdapat banyak faktor lain yang dapat menggeser kurva permintaan ataupun penawaran. Kedua kurva ini bisa bergerak tergantung kepada banyaknya kuantitas yang di tawarkan/diminta, harga, bahkan faktor dari luar yang tidak berhubungan dengan harga.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.