web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Mekanisme dan Sistem Keamanan Payment Gateway

Mungkin payment gateway ini merupakan istilah yang belum terlalu umum untuk diperbincangkan. Masih banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya definisi dari istilah tersebut. Semakin berkembangnya zaman, teknologi juga akan terus berkembang dan berinovasi. Salah satu tujuan dari perkembangan teknologi ini yaitu untuk memudahkan pengguna dalam segala aspek kegiatan. Salah satu perkembangan teknologi yaitu munculnya payment gateway. Payment gateway merupakan suatu sistem pembayaran yang sangat memudahkan dalam hal transaksi jual beli. Seiring berjalannya  waktu, muncullah gaya hidup yang lebih praktis dan mudah. Sekarang sudah banyak orang yang memilih untuk belanja secara online. Apabila dilihat dari segi waktu, proses belanja online akan lebih cepat dibandingkan dengan kita membayar di toko konvensional secara offline.

Sedangkan, kegiatan anda ketika berjalan di pusat perbelanjaan, itu hanya menjadi satu kegiatan untuk cuci mata saja. Dengan begitu akan semakin banyak pihak-pihak yang memilih untuk membuka usaha online baik itu berupa barang maupun jasa. Hal tersebut akan menjadi peluang emas bagi para calon pengusaha online. Ketika anda membuka sebuah usaha atau toko online, maka pembayarannya pun juga bisa dilakukan secara online. Dengan begitu konsumen akan merasa lebih mudah dalam bertransaksi. Untuk melakukan transaksi pembayaran, pembeli tidak perlu susah payah untuk membayar ke ATM maupun mengirim ke  wesel. Dengan payment gateway dan memasukkan  jumlah nominal dalam virtual akun, transaksi akan dengan mudah untuk dilakukan.

Media Transaksi Payment Gateway

Payment gateway ialah sebuah media yang digunakan bagi para penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran. Media ini sangat memudahkan peengguna dalam melakukan pembayaran secara online. Payment gateway sangat umum dipakai di dalam e-commerce sebagai pemberian otorisasi dalam proses transaksi melalui beberapa metode pembayaran. Anda bisa dengan  mudah melakukan pembayaran dengan memilih metode apapun itu. E-commerce ini dapat menerima suatu pembayaran lewat transfer bank ataupun kartu kredit.

Mekanisme Payment Gateway

Dalam mekanismenya, payment gateway sudah diakui mampu bekerja dengan canggih dan tentunya aman. Apabila konsumen dari toko online ingin membeli barang atau produk, data tersebut akan dilanjutkan ke prosesor pembayaran pada bank yang bersangkutan. Setelah itu, prosesor akan segera meneruskan informasi transaksi ke penerbit kartu yang digunakan. Bank yang terkait akan menerima informasi serta memberikan tanggapan berupa balasan ke prosesor. Balasan ini biasanya berupa sebuah kode khusus dan konfirmasi status. Konfirmasi akan menunjukkan apakah transaksi itu berhasil atau gagal. Lalu prosesor akan meneruskan informasi pada payment gateway yang akan dilanjutkan ke website toko online dan pemegang kartu. Dengan begitu, transaksi akan dinyatakan sukses atau berhasil.

Sistem Keamanan Payment Gateway

Sistem Keamanan Payment Gateway

Ketika ada sudah melakukan pembayaran online, data anda berarti sudah berada di dunia maya. Sehingga, data tersebut akan rentan terhadap penipuan online atau pencurian data. Resiko ini juga sudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak dari payment gateway itu sendiri. Dalam usaha melindungi data pelanggan, payment gateway telah menerapkan tata cara untuk mencegah adanya pencurian data dan menjaga keamanan data yang dimiliki. Address Verification System (AVS) merupakan alat yang bisa digunakan untuk melakukan permerikasaan rincian pembayaran yang sudah disesuaikan dengan alamat yang terdaftar di kartu. Ketika  pelanggan melakukan transaksi, pelanggan biasanya akan diminta untuk memasukkan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu kredit atau debit. Cara ini bisa dilakukan sebagai langkah keamanan dalam belanja online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.