web analytics

Payment Gateway Solusi Pembayaran Online

Keuntungan Payment Gateway

Jika Anda saat ini sedang menjalani atau membangun bisnis online yang membutuhkan transaksi pembayaran baik secara online maupun offline, tentu itu adalah alasan Anda mencari istilah payment  gateway (PG) atau gerbang pembayaran ini. Langkah yang Anda lakukan memang sangat tepat, untuk membuat bisnis online Anda semakin berkembang tentu saja Anda wajib menggunakan layanan payment gateway Indonesia. Untuk mengetahui lebih detail mengenai cara kerja, keamanan, variasi metode pembayaran hingga cara terhubung dengan layanan payment gateway simak penjelasan berikut ini.

Daftar Isi

Apa itu Payment Gateway?

Payment Gateway adalah sebuah sistem yang membantu untuk memproses pembayaran dari pembeli ke penjual yang disediakan oleh perusahaan Fintech yang telah memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia. Dengan menggunakan layanan PG, setiap bisnis online dapat menerima pembayaran dari pembeli dengan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, virtual account, debit instan, e-money hingga pembayaran di gerai retail.

Menggunakan layanan dari PG juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan rasa aman dari pembeli saat bertransaksi. Karena untuk membuat akun, setiap pebisnis harus memenuhi syarat-syarat khusus yang tidak dapat dipenuhi oleh sembarang pebisnis online.

Standar Sistem Keamanan Payment Gateway Indonesia

Keamanan Payment Gateway

Dalam memproses transaksi, tentu terdapat informasi sensitif seperti rincian identitas hingga data kartu. Oleh karena itu, setiap pihak yang terlibat dalam pemrosesan pembayaran seperti bank, e-commerce, penyedia jaringan hingga PG harus memiliki standar keamanan sesuai dengan aturan Bank Indonesia.

Standar keamanan ini akan memastikan setiap transaksi yang diproses aman dari berbagai resiko seperti pencurian data, penipuan dan lainnya. Sistem keamanan yang dapat menjamin keamanan setiap transaksi dan merupakan standar dari Bank Indonesia diantaranya adalah sertifikasi PCI DSS, SSL, 3DS, VBV, MasterCard SecureCode hingga J/Secure.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara Kerja Payment Gateway

Setelah memahami definisi dan standar keamanan, Anda perlu mengetahui juga bagaimana sebuah gerbang pembayaran memproses pembayaran. Meskipun peranannya sangat vital dalam pembayaran, namun Anda dapat memahami cara kerjanya dengan sederhana :

  1. Pertama, setelah pelanggan memilih produk yang akan dibeli, memilih metode pembayaran (contoh : kartu kredit).
  2. Kedua, payment gateway meneruskan informasi transaksi ke prosesor pembayaran yang digunakan.
  3. Ketiga, prosesor pembayaran meneruskan informasi tersebut kepada penerbit kartu yang digunakan, seperti MasterCard, Visa atau JCB.
  4. Keempat, bank terkait akan menerima permintaan tersebut dan memberikan balasan kepada prosesor pembayaran yang menyatakan apakah transaksi berhasil atau gagal.
  5. Kelima, prosesor pembayaran mengirimkan pesan balikan kepada payment gateway dan diteruskan kepada website penjual dan pembeli untuk menginformasikan bahwa transaksi berhasil atau gagal.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda akan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan proses pembayaran online maupun offline dan juga membantu Anda (penjual) untuk menerima dan mendeteksi setiap pembayaran yang masuk dengan mudah.

Sehingga Anda bisa menjangkau pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit, e-money, transfer dari berbagai bank besar di Indonesia, hingga pembayaran gerai. Semua bisa langsung Anda gunakan tanpa harus menghubungkannya satu per satu.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

Payment Gateway Indonesia

Menggunakan layanan PG tidak hanya memberikan keuntungan bagi Anda sebagai penjual, pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dan kemudahan. Berikut ini adalah keuntungan dan kemudahan yang akan Anda dapatkan :

  1. Metode Pembayaran Variatif

    Layanan gerbang pembayaran dapat membantu Anda untuk dapat menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Hal ini sangatlah penting dalam melakukan transaksi secara online, terutama bagi pembeli. Dengan menggunakan layanan ini, pembeli dapat memiliki banyak pilihan saat akan melakukan pembayaran.

    Sebagai contoh, jika Anda hanya menyediakan pembayaran melalui transfer antar bank dan hanya menyediakan Bank BCA, sementara pembeli menggunakan rekening Bank BRI, maka pelanggan tertentu akan merasa keberatan karena ada biaya transfer yang dibebankan kepada pembeli.

    Sementara dengan menggunakan layanan ini, pembeli bisa memilih berbagai metode pembayaran seperti virtual account bank-bank besar di Indonesia, pembayaran kartu kredit dengan cicilan, pembayaran dengan kartu debit secara instan, menggunakan e-money hingga gerai retail.

  2. Kemudahan Instalasi

    Untuk melakukan instalasi, Anda dapat menggunakan plugin atau integrasi secara langsung melalui API. Jika website yang Anda gunakan adalah WordPress, maka Anda dapat melakukan instalasi dengan mudah menggunakan plugin.

  3. Pemrosesan Transaksi Lebih Cepat

    Dengan menggunakan layanan payment gateway semua pembayaran transaksi dapat berjalan secara otomatis tanpa Anda perlu melakukan konfirmasi secara manual. Jika bisnis Anda saat ini masih menerima pembayaran manual, tentu saja pelanggan harus melakukan konfirmasi pembayaran kepada Anda dan mengirimkan bukti pembayaran. Tidak jarang banyak pembeli yang mengirimkan bukti bayar palsu dan mengaku sudah melakukan pembayaran.

    Belum lagi jika transaksi pada bisnis Anda sudah semakin besar dan ramai, terutama jika lini bisnis Anda adalah dalam bidang simpan pinjam seperti koperasi simpan pinjam, peer to peer lending, sumbangan dan bidang lainnya yang memiliki jumlah transaksi besar dan rutin. Tentu saja ini akan sangat merepotkan.

    Dengan menggunakan payment gateway, semua permasalahan ini dapat teratasi dan Anda dapat fokus kepada strategi bisnis.

  1. Transaksi Lebih Aman

    Dengan standar keamanan sesuai dengan aturan Bank Indonesia, maka setiap transaksi terjamin keamanannya. Bahkan sistem keamanan payment gateway pada PrismaLink juga dapat mendeteksi setiap transaksi anomaly untuk melindungi bisnis Anda.

  2. Tidak Perlu Buka Banyak Rekening

    Anda tidak perlu lagi membuka banyak rekening bank untuk memberikan berbagai pilihan bank. Dengan menggunakan payment gateway, Anda dapat menerima pembayaran dari banyak bank dan Anda cukup memiliki satu rekening saja untuk menerima pembayaran tersebut.

  3. Meningkatkan Konversi Transaksi

    Tahu kah Anda bahwa tingkat konversi transaksi dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembayaran yang instan seperti kartu kredit atau debit instan? Dengan menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit instan, Anda dapat meningkatkan konversi transaksi karena pembeli dapat melakukan pembayaran secara cepat tanpa merubah pikiran untuk membeli. Kedua layanan pembayaran ini hanya dapat Anda gunakan melalui layanan payment gateway.

  4. Kemudahan Proses Rekap Pembayaran & Pembelian (Rekonsiliasi Data)

    Selain layanan pembayaran, payment gateway juga menyediakan portal yang memudahkan Anda untuk melakukan rekonsiliasi data. Seluruh data transaksi dapat Anda akses melalui portal yang telah disediakan. Hal ini dapat mengurangi human error yang biasanya terjadi jika rekonsilisasi data dilakukan secara manual. Anda juga dapat melihat laporan transaksi yang terjadi secara real time.

Cara Terhubung dengan Payment Gateway Indonesia

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa payment gateway memberikan banyak manfaat baik bagi penjual maupun pembeli. Pembeli akan merasa lebih aman dan memiliki berbagai pilihan untuk melakukan pembayaran. Disisi lain, penjual juga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis. Penjual dapat lebih fokus kepada strategi untuk membesarkan bisnis, mengumpulkan database atau menyiapkan strategi marketing lainnya.

Untuk mulai menggunakan layanan payment gateway, Anda dapat terhubung dengan PrismaLink International yang merupakan salah satu payment gateway Indonesia terbaik. Saat ini PrismaLink telah menyediakan layanan pembayaran untuk Tokopedia, Elevenia, Kitabisa, Aksi Cepat Tanggap, Kalbe, Odeo, Delamibrand, CariSayur, Deus Ex Machina dan merhant-merchant lainnya di Indonesia.

Dengan bergabung bersama PrismaLink, Anda dapat mulai menggunakan layanan pembayaran kartu kredit, debit instan, virtual account, e-money hingga gerai retail. Untuk mulai menggunakan layanan PrismaLink, Anda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui “Halaman Daftar”. Untuk terhubung dengan layanan PrismaLink, Anda dapat menggunakan plugin atau dokumen API yang telah disediakan.