web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Pengertian 3D Secure Untuk Keamanan Transaksi Online

Pada zaman modern ini, semakin banyak transaksi yang dilakukan secara online. Semakin banyaknya transaksi online ini harus juga disertai dengan tingkat keamanan dalam melakukan transaksi online terutama untuk transaksi kartu kredit. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah transaksi fraud dan hacker yang mencuri data kemudian menyalahgunakan kartu kredit. Untuk mengatasi masalah keamanan ini, maka bank menerapkan teknologi Three Domain Secure (3D Secure) agar pengguna kartu kredit merasa aman saat melakukan transaksi.

Selanjutnya, apakah pengertian dari 3D secure? 3D Secure adalah teknologi dikembangkan oleh Arcot Systems (Saat ini menjadi CA Technologies) dan pertama kali dipakai oleh VISA guna memberikan perlindungan terhadap transaksi online (Kartu Kredit maupun Kartu Debit). Kemudian VISA mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan keamanan dan mulai digunakan oleh banyak orang dengan nama Verified by VISA (Brand Visa Secure). Adanya 3D secure ini untuk memastikan setiap transaksi online yang terjadi atau yang telah terjadi dapat diketahui oleh pemilik kartu kredit. Walaupun teknologi ini tidak memberikan jaminan keamanan 100%, akan tetapi teknologi ini dapat mengurangi terjadinya kejahatan dan penyalahgunaan kartu kredit anda.

3D Secure Untuk Keamanan Bertransaksi

3D Secure Untuk Keamanan Bertransaksi

Three Domain Secure (3D-Secure atau 3DS) merupakan protokol keamanan transaksi online untuk melakukan konfirmasi atau autentikasi pada pemegang kartu. Caranya yaitu dengan mengirimkan one time password (OTP). Ketika anda melakukan transaksi 3DS, maka para pelanggan akan diarahkan ke sebuah halaman. Yang mana, disitu para pelanggan diharuskan untuk memasukkan kode/pin/password yang telah dikirimkan lewat SMS, USSD, atau email.

Hal ini pada umumnya juga dikenali untuk Verified by Visa untuk kartu Visa. Kemudian MasterCard SecureCode untuk kartu MasterCard, J/Secure untuk kartu JCB, dan juga Safekey (untuk kartu American Express).

Cara Mengaktifkan 3D Secure

Cara untuk mengaktifkan layanan 3D Secure ini juga terbilang tidak sulit, karena anda sudah memasukkan data saat mengajukan pembuatan kartu kredit, maka saat anda mengaktifkan kartu kredit tersebut, layanan 3DS juga akan aktif secara otomatis. Jika belum aktif, maka anda cukup membuka website bank penerbit kartu kredit anda, dan mendaftarkan password 3D secure yang akan digunakan untuk setiap kali bertransaksi online. Selanjutnya dalam setiap transaksi online yang anda lakukan, secara otomatis bank ini akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms.

Cara Mengaktifkan 3D Secure

Untuk pemilik online shop, integrasi dengan paymet gateway harus dilakukan supaya bisa menerima pembayaran online dengan menggunakan kartu kredit. Payment gateway yang terpercaya pada umumnya sudah otomatis mengimplementasi teknologi 3D secure guna melindungi transaksi customer.

Jika anda baru mau menggunakan layanan kartu kredit, maka anda juga harus lebih teliti saat memilih layanan kartu kredit. Nah, guna mengetahui apakah bank anda memakai 3D Secure atau tidak, sebaiknya langsung tanyakan pada pihak bank anda atau langsung anda kunjungi website mereka.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.