web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Pengertian dan Manfaat Rekening Koran

Anda mungkin sering mendengar istilah rekening koran, atau bahkan pernah diminta mengajukan rekening koran yang berbentuk lembaran kertas ini oleh perusahaan tempat anda bekerja. Lalu, apa sebenarnya pengertian dan manfaat rekening koran itu sendiri, sehingga perusahaan meminta anda mengajukannya?

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran berasal dari Bahasa belanda, yaitu courant yang berarti ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dalam satu rekening tertentu. Rekening koran ini dapat berupa rekening milik individu maupun milik badan usaha. Data yang ditampilkan pada rekening ini adalah rincian arus debit dan kredit termasuk dana transfer dan tabungan. Sebelum berkembangnya teknologi hingga secanggih sekarang, nasabah hanya dapat mengecek rincian data transaksi melelui rekening koran.

Ketentuan tentang percetakan atau pemberitahuan tentang rekening koran ini berbeda di setiap bank, ada yang mengirimkan rekening koran tersebut secara berkala kepada nasabah, ada juga yang mengharuskan nasabah untuk melakukan pengajuan terlebih dahulu. Proses pengajuan ini memerlukan waktu, karena customer service bank biasanya akan meminta persetujuan terlebih dahulu dari pejabat bank atau atasannya.

Manfaat Rekening Koran

Manfaat Rekening Koran
  • Mengetahui Ringkasan Transaksi

Sama halnya seperti buku tabungan, rekening koran juga memiliki manfaat untuk menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu (biasanya 3 bulan). Pada rekening koran akan terlampir saldo awal bulan, arus kredit, arus debit dan saldo akhir bulan, hingga pungutan biaya administrasi dan bunga bank akan tercantum.

  • Mengajukan Pinjaman pada Bank

Saat anda sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan pinjaman melalui bank, pasti anda akan diminta riwayat transaksi keuangan contohnya fotokopi rekening koran yang dikeluarkan oleh bank. Rekening koran ini, dijadikan sebagai salah satu dokumen penunjang dalam pengajuan untuk membuktikan bahwa alur keuangan pada rekening anda, sehat.

  • Menjadi Bukti Hukum

Rekening koran bisa menjadi suatu bukti hukum yang valid dan sah, apabila suatu saat anda terlibat perselisihan oleh pihak lain yang terkait mutasi rekening, misalnya dengan pihak toko online. Sebagai contoh kasusnya adalah, anda yakin sudah mengirimkan uang untuk membayar belanjaan anda, namun pihak toko online tersebut mengatakan bahwa belum ada uang yang diterima, anda dapat menggunakan rekening koran ini untuk membuktikannya.

  • Mengajukan Visa

Jika anda ingin belibur ataupun dinas di luar negeri, ada beberapa negara yang mewajibkan anda memiliki visa. Pada saat inilah, rekening korang memegang peranan, karena ketika anda mengajukan permohonan visa, anda akan diminta beberapa persyaratan untuk membuktikan bahwa anda meiliki cukup uang untuk bertahan hidup disana. Salah satu dokumen yang diminta adalah rekening koran selama 3 dan 6 bulan terakhir.

Cara Mengajukan Rekening Koran

Mengajukan rekening koran dapat anda lakukan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Karena pengajuan pencetakan rekening koran ini membutuhkan tanda tangan dari pejabat bank, maka beruntung bagi anda bila saat datang, pejabat bank sedang berada di tempat karena customer service bank bisa mengeluarkan rekening koran anda tanpa memakan waktu yang lama.

Berikut persyaratan yang harus anda siapkan untuk dibawa saat anda ingin melakukan pengajuan pencetakan rekening koran:

  • Buku tabungan asli
  • Kartu Tanda Pengenal (KTP)
  • Kartu kredit
  • Biaya kredit

Biaya cetak rekening koran sangat beragam tergantung kebijakan masing-masing bank. Sebagai contoh:

  • Bank BCA: Rp2.500/Lembar
  • Bank Mandiri: Rp.2.500/Lembar (3 bulan), Rp5.000/Lembar (6 Bulan)
  • Bank BNI: Rp2.500 s.d 3.000/Lembar
  • Bank Permata: Rp.1000/Lembar
  • Bank BRI: Rp25.000/Lembar (Lebih dari 12 bulan)

Demikian penjelasan tentang pengertiaan dan manfaat rekening koran serta cara mengajukannya. Semoga bermanfaat dan memudahkan anda jika sewaktu-waktu anda diminta untuk mencetak rekening koran dari perusahaan tempat anda bekerja atau apapun yang mengharuskan anda memiliki rekening koran.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.