web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Pentingnya Bisnis Plan Bagi Masa Depan Perusahaan

Sebagai seorang yang ingin menjalankan bisnis, rencana bisnis atau business plan adalah hal yang perlu anda miliki, sebagai tahapan awal. Dengan begitu, anda akan tahu langkah-langkah apa yang harus ditempuh. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan tahu ke mana arah bisnis itu karena menjalankannya tanpa tujuan yang jelas.

Tapi tahukah Anda bahwa banyak orang gagal total menyusun rencana bisnis tersebut. Dalam hal ini, sebagian orang lebih percaya bahwa untuk memulai sebuah bisnis, hanya perlu menjalankannya tanpa perlu embel-embel rencana bisnis.

Definisi Bisnis Plan

Bisnis plan atau rencana bisnis adalah pernyataan formal atas tujuan berdirinya sebuah bisnis, serta alasan mengapa pendirinya yakin bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, serta strategi atau rencana-rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dasar-Dasar Business Plan

Terdapat banyak hal yang perlu dan penting untuk ditulis dalam sebuah business plan. Berikut beberapa hal yang harus ada dalam business plan:

  1. Ringkasan Eksekutif
    Berisikan tentang bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi, tujuan bisnis. Singkatnya, bagian ini adalah bagian kesimpulan dari sebuah business plan. Salah satu trick membuat business plan yang menjual adalah buat ringkasan eksekutif yang menjual.
  2. Latar Belakang Perusahaan
    Data perusahaan, orang-orang dibalik bisnis tersebut, struktur organisasi, konsultan atau ahli yang mendampingi, susunan pemilik saham (jika bisnis berbadan hukum Perseoran Terbatas).
  3. Ananlisis Pasar dan Pemasaran
    Analisis pasar dan pemasaran berisi mengenai strategi suatu perusahaan dalam melakukan pemasaran produk. Biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.
  4. Analisis Produksi
    Analisis produksi menjelaskan tentang sistem operasi bisnis suatu perusahaan. Misal suatu bisnis jenis produksi atau manufaktur, perlu untuk diketahui bagaimana proses dari penerimaan pesanan, produksi, distribusi barang-barang dan penagihan. Jika bisnis yang bergerak di bidang jasa, harus dituliskan dengan jelas bagaimana cara bisnis tersebut menyalurkan jasa kepada pembeli.
  5. Analisis SDM (Sumber Daya Manusia)
    Analisis sumber daya manusia ialah, perencanaan tentang orang-orang yang dibutuhkan dari kompetensi, jumlah orang yang dibutuhkan serta rencana pengembangan sumber daya manusia. Bagi sebagian calon pemilik bisnis, bagian ini biasanya dianggap remeh, tetapi hal inilah yang menjadi salah satu penentu kecepatan dalam bisnis.
  6. Analisis Keuangan
    Analisis keuangan berisi forecasting atau peramalan pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal (break event point), pengembalian atas investasi (return on investment) dan lainnya.
  7. Rencana Pengembangan Usaha
    Merupakan salah satu bagian yang dianggap penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan dibangun. Termasuk didalamnya adalah exit strategy dari suatu bisnis.
  8. Risiko Usaha
    Hal-hal yang terkait risiko atas suatu bisnis, misal risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas atau risiko keuangan dan lainnya. Risiko usaha tidak hanya berhenti pada identifikasi risiko, tetapi juga strategi dalam menghadapi atau mengurangi dampak dari risiko tersebut.

Manfaat Bisnis Plan

manfaat business plan
  • Mencari Modal
    Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan modal yang dapat menunjang bisnis tersebut, karena modal merupakan hal yang krusial. Banyak orang yang ingin memulai untuk berbisnis, tetapi masih terhalang karena kendala modal

    Adanya rencana bisnis yang detail, rapi, dan bagus bisa dijadikan daya tarik untuk mendatangkan investor untuk menanamkan modalnya pada bisnis yang bangun, dan juga akan lebih mudah mendapatkan sokongan dana dari para kreditor atau lembaga keuangan lainnya.
  • Membantu membuat keputusan
    Di dalam dunia bisnis yang luas ini, pasti akan membuat banyak sekali pilihan yang pada akhirnya akan membingungkan anda. Dengan rencana bisnis yang sudah terpikirkan dan tersusun, maka akan lebih mudah bagi anda dalam memilih salah satu dari berbagai macam pilihan tersebut.
  • Tujuan dan Prioritas Bisnis Lebih Jelas
    Rencana bisnis bisa membantu Anda untuk mengetahui tujuan dan prioritas bisnis. Adanya ukuran terhadap margin laba, peluncuran produk baru, dan pihak-pihak yang terlibat membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Di samping itu, rencana bisnis juga membantu Anda untuk fokus pada masalah yang terjadi. Dengan demikian, masalah tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan prioritas penyelesaiannya. Misalnya bagian keuangan, pemasaran, dan manajemen.
  • Untuk Menaikkan Level Bisnis
    Lalu, kegunaan dan manfaat dari rencana bisnis lainnya adalah adanya kesempatan untuk menaikkan level bisnis Anda ke tingkat yang lebih atas. Rencana bisnis yang disusun dengan baik akan membawa gairah pelaku bisnis untuk menjalankan roda bisnis.

Sebelum memulai suatu usaha, luangkan waktu untuk membuat sebuah business plan. Menulis rencana bisnis atau business plan, akan membuat kita mengetahui seberapa besar keinginan kita untuk membuat bisnis yang kita bangun menjadi pemenang dan kesiapan mental untuk memiliki bisnis kita sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.