web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Perbedaan FIFO, LIFO dan FEFO

Stok barang pada suatu perusahaan adalah salah satu hal yang dianggap penting, karena kesalahan dalam menghitung stok akan mempengaruhi keuangan bisnis Anda. Mengelola stok membutuhkan ketelitian dalam mengetahui masa ketahanan/expired suatu produk. Jangan sampai sebuah produk karena terlalu lama disimpan menjadi rusak sehingga menimbulkan kerugian.

Dalam dunia bisnis, terdapat 3 cara pencatatan persediaan yang digunakan untuk mengelola sebuah bisnis. Metode FIFO, FEFO, LIFO adalah cara yang paling banyak digunakan para pebisnis. Masing-masing metode tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang pemilik usaha hanya dapat menggunakan satu metode yang tepat saja

FIFO, LIFO dan FEFO

FIFO (First In First Out)

Merupakan sebuah metode yang mana sebuah barang pertama kali masuk harus juga pertama kali yang dikeluarkan atau dijual. Jadi, pencatatan persediaan yang terdapat di dalam laporan akan serupa dengan stok yang ada di dalam gudang.

Jenis usaha yang harus menggunakan metode FIFO adalah Food and Beverage seperti Toko Makanan, Kue ataupun Minimarket. Produk-produk tersebut memiliki jangka waktu atau masa expired yang sangat pendek, maka harus dijual secara cepat. Penggunaan metode ini memiliki kelebihan, yaitu menghasilkan HPP atau Harga Pokok Penjualan yang rendah tapi bisa memberikan hasil laba kotor yang tinggi.

LIFO (Last In First Out)

Metode yang digunakan dalam metode LIFO adalah menjual barang yang terakhir masuk. Misalnya toko pakaian atau retail. Sebuah toko pakaian akan mendisplay barang dengan model terbaru di etalase, dimana pakaian dengan model terbaru ini merupakan barang yang terakhir masuk ke toko tersebut. Jika mendahulukan penjualan barang yang pertama kali masuk, maka barang yang baru akan lama terjual. Sehingga dikhawatirkan model tersebut akan ketinggalan zaman. Jadi yang terakhir masuk harus pertama kali keluar.

Metode LIFO ini juga menguntungkan bagi para pelaku usaha karena mereka dapat menghemat pengeluaran pajak ketika sedang terjadi inflasi. Karena pada saat inflasi terjadi, laba yang mereka hasilkan lebih sedikit namun tidak akan mempengaruhi laba operasi.

FEFO (First Expired First Out)

FEFO adalah metode dimana menjual produk dengan jangka waktu kadaluarsa yang pendek terlebih dahulu kepada pelanggan. Dengan kata lain, pemilik usaha tidak perlu memikirkan kapan produk itu masuk melainkan kapan produk itu akan kadaluarsa. Jadi, bisa saja produk yang terjual adalah produk yang baru saja masuk.

Contoh usaha yang menggunakan metode FEFO adalah apotek. Biasanya, para pemilik usaha ini akan menjualkan obat dengan masa expired yang pendek terlebih dahulu. Caranya, mereka akan menempatkan produknya dalam urutan terdepan agar dapat diambil terlebih dahulu

Dengan menerapkan metode yang tepat, baik metode fifo, lifo ataupun fefo, akan mempermudah anda dalam melakukan penghitungan stok, dan juga kualitas barang yang dijual akan selalu terjaga, sehingga bisnis/toko anda akan jauh dari kerugian.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.