web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Perbedaan Kliring dan RTGS yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Transfer Uang

Saat ini aktivitas pengiriman uang melalui ATM sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Karena zaman yang semakin modern, kegiatan mentransfer uang pun menjadi lebih mudah. Anda dapat mentransfer uang dimana saja dan kapan saja. Pada umumnya sistem transfer ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kliring dan RTGS. Untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya, anda perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

perbedaan kliring dan rtgs

Pengertian Kliring

Kliring adalah suatu istilah dalam dunia perbankan yang menunjukkan suatu aktivitas yang berjalan sejak terjadinya kesepakatan suatu proses transaksi hingga selesainya proses transaksi tersebut. Sistem ini biasa di temukan pada mobile banking saat anda ingin mengirim uang ke rekening bank yang berbeda.


Pengiriman uang melalui sistem kliring memerlukan waktu yang cukup lama yaitu, 2-3 hari kerja. Karena, pihak bank akan memeriksa terlebih dahulu, apakah saldo pada rekening anda benar-benar cukup untuk melakukan pengiriman uang. Selain itu, lamanya waktu yang dibutuhkan pada sistem ini karena, pihak bank pengirim wajib melapor dan mengirim ke Bank Indonesia lebih dulu. Kemudian BI akan melakukan pengiriman ke pihak bank penerima.


Diluar dari prosesnya yang memakan waktu yang cukup lama, kliring tetap memiliki keunggulannya sendiri yaitu biaya yang dikenakan lebih murah, sebesar Rp. 3500 per transaksi per tanggal 1 September 2019

Pengertian RTGS

Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah proses penyelesaian akhir transaksi pembayaran yang dilakukan per transaksi dan bersifat Real-time, di mana rekening peserta dapat di-debit / di-kredit berkali-kali dalam satu hari sesuai dengan perintah pembayaran dan penerimaan pembayaran.
Layanan RTGS biasanya digunakan untuk mentransfer uang dengan jumlah yang besar, karena RTGS ini jauh lebih aman. Jumlah minimum transfer melalui metode ini juga besar, yaitu Rp100 juta rupiah.


Uang yang dikirimkan menggunakan RTGS akan sampai ke rekening Bank tujuan lebih cepat yaitu hanya membutuhkan waktu paling lama 4 jam. Namun jika pengiriman uang dilakukan pada akhir bulan/saat proses tutup buku Bank, maka uang yang dikirimkan akan sampai pada keesokan harinya. Biaya yang dikenakan pada pilihan layanan ini lebih mahal dari kliring, yaitu sebesar Rp. 25.000 – Rp. 50.000 per transaksinya.

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian masing-masing sistem antara kliring dan RTGS, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara keduanya ialah pada waktu sampainya uang yang dikirim tersebut dan pada biaya yang dikenakan di setiap transaksinya. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, cermat lah dalam memilih sistem pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.