web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Perbedaan Online Payment Gateway dan Payment Processor

Online payment gateway memudahkan proses transaksi yang dilakukan dengan memanfaatkan akses internet. Dikarenakan memanfaatkan akses internet, transaksi yang dilakukan terbukti lebih hemat waktu dan tenaga. Pelanggan tak perlu mendatangi langsung penjual untuk melakukan pembayaran. Transaksi pembayaran bisa dilakukan dimana dan kapan saja secara mudah. Untuk lebih mengenal sistem transaksi online yang satu ini, anda simak saja ulasan berikut.

Online Payment Gateway

Perlu untuk anda ketahui, payment gateway dapat menyederhanakan kerumitan yang ada selama melakukan pembayaran. Hal ini dikarenakan pedagang memerlukan solusi dalam melakukan pembayaran agar lebih hemat waktu dan tenaga. Payment gateway inilah yang menjadi solusi terbaik. Dengan demikian, anda tak perlu menciptakan beberapa akun untuk mendapatkan pembayaran. Hanya dengan satu akun, anda sudah bisa menerima pembayaran dari siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Dengan adanya sistem payment gateway secara online, maka anda sebagai pemilik usaha hanya memerlukan satu rekening utama yang nantinya akan mengumpulkan dana yang diberikan oleh pembeli yang mengirimkan dari bank berbeda. Hal ini tentunya terkesan praktis. Anda para pemilik usaha tak perlu bersusah payah untuk menjelaskan cara pembayarannya. Anda pun bisa lebih fokus dalam mengurus bisnis yang tengah anda geluti.

Selain menerima metode pembayaran dengan kartu kredit, anda juga bisa mendapatkan pembayaran dengan debit langsung. Di era serba modern seperti sekarang ini, teknologi berkembang semakin pesat. Akan terasa sangat sayang jika anda tak memanfaatkannya sebaik mungkin. Dalam pemanfaatannya pun, anda bisa menerapkannya dalam membangun bisnis online karena terbukti melancarkan transaksi yang dilakukan. Perlu juga untuk anda pahami bahwa payment gateway juga memungkinkan peningkatan kepercayaan yang diberikan pelanggan.

Perbedaan Payment Gateway dan Payment Processor

Perbedaan Payment Gateway dan Payment Processor

Online payment gateway berbeda dengan payment processor. Bagi anda yang menggeluti dunia bisnis, pasti sudah sangat familiar dengan perbedaan keduanya. Akan tetapi, hal berbeda dirasakan oleh pemula yang memang masih awam. Untuk mengetahui perbedaan antara payment gateway dan payment processor, anda simak saja ulasan berikut.

Definisi

Payment gateway merupakan gerbang keluar masuk transaksi yang dilakukan secara online. Sistem payment gateway ini memungkinkan anda untuk bisa menerima uang pembayaran dari pelanggan lewat berbagai pilihan pembayaran dalam website. Misalnya saja, transfer bank dan kartu debit atau kredit. Bahkan bisa juga melalui retail outlet seperti Indomart dan Alfamart. Lain halnya dengan payment processor yang merupakan perusahaan keuangan yang menyediakan layanan untuk para pebisnis online. Dalam hal ini, payment processor akan bekerja sama dengan perusahaan lain yang berkaitan secara langsung dengan konsumen.

Penyedia Layanan

Perbedaan keduanya juga bisa dilihat dari penyedia layanannya. Untuk payment gateway, penyedia layanannya yaitu perusahaan yang berbasis financial technology (fintech). Sementara payment processor disediakan oleh perusahaan keuangan. Dengan melihat perusahaannya, anda tentunya bisa semakin mudah dalam membedakan kedua istilah yang sangat familiar digunakan dalam melakukan proses transaksi ini.

Fungsi

Perbedaan antara online payment gateway dan payment processor lainnya yaitu perihal fungsi yang dijalankan. Payment gateway berfungsi untuk melindungi data kartu, baik itu kartu kredit maupun debit yang dipakai konsumen. Perlindungan data ini memanfaatkan teknologi enkripsi data sekaligus informasi ketika terjadi transaksi. Sedangkan untuk fungsi payment processor ialah memeriksa rincian informasi yang diterima. Kemudian meneruskannya ke pihak bank yang menerbitkan asosiasi kartu untuk verifikasi. Setelah itu, akan ada serangkaian tindakan anti penipuan yang berkaitan dengan transaksi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.