web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Sistem Pembayaran Elektronik, Kemudahan Bertransaksi Masa Kini

Berbicara mengenai transaksi digital/elektronik pada masa kini, sudah semakin banyak orang yang tertarik dengan penggunaan telepon genggam/smartphone untuk pengiriman layanan keuangan. Namun tidak sedikit pula yang masih bingung perbedaan antara uang elektronik, mobile banking, dan berbagai istilah lain yang sering digunakan dalam transaksi keuangan masa kini.

Apa Itu Sistem Pembayaran Elektronik

Sistem Pembayaran elektronik ialah sistem pembayaran alternatif yang memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran melalui jaringan internet sebagai sarana perantara. Dalam sistem pembayaran elektronik, semua data pembayaran berbentuk format digital. Contohnya uang elektronik (e-money) dan dompet elektronik (e-wallet).

Jenis Sistem Pembayaran Elektronik

Jenis Sistem Pembayaran Elektronik

Metode pembayaran/bertransaksi pada masa kini semakin beragam. Dengan semakin beragamnya metode, semakin banyak pula yang mulai kebingungan apa perbedaan antara beberapa metode pembayaran elektronik yang tersedia. Berikut beberapa metode pembayaran yang dapat dikategorikan sebagai sistem pembayaran elektronik:

  • E-money
    E-money atau uang elektronik adalah alternatif transaksi elektronik pengganti uang tunai. Cara kerja e-money adalah dengan menyimpan sejumlah uang secara elektronik saat menerima dana, dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran. E-money bisa dipegang dalam bentuk kartu, perangkat chip, atau di simpan di server. Beberapa contoh sistem e-money ini adalah kartu prabayar, dompet elektronik, atau layanan berbasis web.
  • Dompet Elektronik (E-Wallet)
    Dompet elektronik (e-wallet) adalah salah satu bagian dari e-money yang mengacu pada nilai tunai yang tersimpan pada kartu telepon, atau perangkat elektronik lainnya. Kartu prabayar adalah salah satu bentuk dompet elektronik. Dompet elektronik bisa mewakili nilai tetap. Setelah nilai saldonya habis, kartu tidak bisa lagi digunakan. Dompet elektronik bisa diisi ulang untuk digunakan berulang kali. Istilah dompet digunakan karena kartu atau telepon dianggap sebagai pengganti uang tunai yang biasanya dibawa di dompet seseorang.
  • Mobile Banking
    Mobile banking memungkinkan pelanggan untuk menggunakan ponsel mereka sebagai saluran lain untuk layanan perbankan mereka, seperti deposito, penarikan, transfer rekening, pembayaran tagihan, dan pengecekan saldo. Sebagian besar aplikasi mobile banking bersifat aditif (tambahan saja) karena mereka menyediakan saluran pengiriman baru kepada nasabah bank yang sudah ada.

Manfaat Sistem Pembayaran Elektronik

Menggunakan sistem pembayaran elektronik/E-Payment dapat memberikan manfaat diantara lain, sebagai berikut:

  • Lebih Efisien
    Pembayaran suatu produk dengan e-payment dilakukan secara online, oleh karena itu akan meningkatkan efisiensi waktu.
  • Transaksi Bersifat Universal
    Karena sistem pembayaran elektronik/e-payment bersifat universal, pembayaran serta perluasan media pembayaran dapat dilakukan dengan mudah selama transaksi masih dilakukan di dalam satu negara.
  • Keamanan Data Transaksi Lebih terjaga
    Dibandingkan dengan transaksi yang menggunakan uang tunai, keamanan dalam bertransaki secara elektronik/e-payment lebih terjaga melalui sistem keamanan online.
  • Fleksibel
    E-payment dapat dilakukan dimanapun, karena sistemnya yang dapat diakses secara online.

Kelebihan Menggunakan Sistem Pembayaran Eelektronik

  • Mudah dan Praktis
    Dengan menggunakan metode pembayaran elektronik/e-payment, anda tidak perlu lagi repot membawa uang tunai
  • Menghasilkan Lebih Banyak Pelanggan
    Kelebihan menggunakan sistem pembayaran elektronik juga dapat dirasakan oleh toko online/e-commerce. Dengan menggunakan sistem ini, pelanggan dapat membayar secara online tanpa harus bertemu dengan pihak penjual. Dengan begitu, toko dapat menjangkau lebih banyak lagi pelanggan potensial di berbagai daerah sehingga akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kekurangan menggunakan Sistem Pembayaran Elektronik

  • Terbatas
    Terkait dengan batas jumlah maksimal transaksi perhari yang dapat dilakukan, membuat hal ini menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan metode pembayaran elektronik
  • Resiko Terkena Hack
    Penggunaan password dan pin pada sistem pembayaran ini beresiko terkena hack oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena sistem pembayaran elektronik ini terkoneksi dengan internet, maka data pribadi anda dapat diretas/dibobol
  • Membutuhkan Akses Internet
    Sesuai dengan namanya, sistem pembayaran ini membutuhkan akses internet sebagai penghubungnya. Namun kekurangannya adalah jika koneksi internet yang kita gunakan sedang buruk, maka kita juga akan kesulitan untuk mengaksesnya.

Sistem Pembayaran Elektronik Prismalink

Sistem pembayaran elektronik / e-payment saat ini sudah menjadi hal yang paling penting bagi pemilik bisnis. Dengan berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang lebih menyukai melakukan transaksi secara online. Prismalink menyediakan sistem pembayaran elektronik yang dibutuhkan semua bisnis untuk membantu mempermudah proses pembayaran.

Untuk mempermudah proses pembayaran, Prismalink sebagai Payment Gateway terbaik menawarkan berbagai solusi pembayaran mulai dari Direct Debit, Kartu Kredit, Virtual Account, Bill Payment, QR Payment dan berbagai instrumen pembayaran bank lainnya.

Anda dapat mengirimkan pertanyaan seputar sistem pembayaran elektronik / e-payment kepada tim support prismalink, kami akan siap membantu Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.