web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Surat Tagihan Pembayaran, Senjata Perusahaan untuk Menghadapi Pelanggan

Surat tagihan seringkali ditemukan ketika seseorang terlambat atau sudah masuk jatuh tempo dalam melakukan pembayaran. Surat tagihan ini bisa ditujukan untuk perorangan maupun instansi dan perusahaan tergantung dengan kebutuhan dari surat itu sendiri.

Apa Itu Surat Tagihan?

Surat Tagihan adalah sebuah dokumen tertulis yang dibuat oleh penjual atau pemilik usaha kepada para pelanggannya. Tujuan dari pengiriman surat ini adalah untuk mendapatkan pembayaran atas jasa ataupun produk yang telah diberikan sebelumnya namun belum dibayarkan oleh pihak pelanggan.

Biasanya, surat tagihan akan dikirimkan setelah pembayaran melewati tanggal jatuh tempo. Namun, ada juga pemilik usaha yang mengirimkan dokumen tertulis ini sebelum tanggal jatuh tempo (beberapa hari sebelum terakhir pembayaran). Pengiriman surat tagihan ini bisa dilakukan kapan saja karena tidak ada regulasi untuk memberikannya.

Penagihan Intensif

Pasti tidak sedikit anda menemukan pelanggan yang seringkali telat dalam membayar tagihan, entah dengan sengaja ataupun tidak. Pelanggan yang seringkali terlambat melunasi tagihan harus diberikan peringatan, dengan memberikan surat penagihan secara intensif.

Terdapat 5 surat penagihan yang dapat dikirimkan kepada pelanggan apabila telat melakukan pelunasan pembayara. Surat-surat tersebut diberikan dengan waktu yang berbeda, yaitu:

  • Initial Reminder (Dikirim seminggu sebelum jatuh tempo)
  • Second Reminder (Dikirim pada saat hari jatuh tempo)
  • Third Reminder (Dikirim seminggu setelah jatuh tempo)
  • Fourth Reminder (Dikirim dua minggu setelah jatuh tempo)
  • Final Reminder (Dikirim sebulan setelah jatuh tempo)

Setiap surat tagihan yang dikirimkan memiliki tingkatan yang berbeda. Semakin lama pelunasan, maka semakin intens saja dokumen tertulis tersebut diberikan oleh pihak penjual kepada pelanggan.

Contoh Surat Tagihan

Berikut adalah contoh surat tagihan pembayaran yang baik dan benar:

Cara Lain Penagihan

Tidak perusahaan setuju dengan keputusan menggunakan Surat Tagihan untuk mengingatkan pelanggan. Terdapat cara lain untuk mengingatkan pembayaran kepada pelanggan, yaitu dengan membuat Invoice online yang nantinya akan dikirimkan ke pelanggan dalam bentuk email

Penjelasan tentang pengertian dan contoh surat tagihan pembayaran diatas, diharapkan dapat membantu anda untuk dapat membuat surat tagihan pembayaran dengan baik dan benar, sehingga tidak terkesan menyudutkan pelanggan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.