web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Virtual Account

Industri e-commerce semakin menjamur, mulai dari e-commerce milik lokal alias Indonesia maupun milik investor asing. Dengan begitu, semakin banyak pula masyarakat yang mengandalkan toko online tersebut untuk berbelanja. Selain dapat menghemat tenaga, penggunaan Virtual Account juga dapat meminimalisir biaya untuk pergi ke toko.

Sebelumnya, jika ingin berbelanja Anda harus pergi ke mall ataupun supermarket, sekarang Anda dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja dengan mudah dan lebih aman karena tidak perlu lagi berpergian membawa uang tunai, Anda dapat membayar pesanan dimanapun dan kapanpun. Virtual account adalah salah satu pilihan metode pembayaran yang sudah disediakan oleh banyak e-commerce untuk melakukan pembayaran.

Pengertian Virtual Account

Virtual Account ialah nomor ID pelanggan dari suatu perusahaan yang dibuat oleh Bank atas permintaan perusahaan yang selanjutnya akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada pelanggannya sebagai Nomor Rekening Tujuan untuk melakukan pembayaran. Untuk setiap transaksinya, pelanggan akan mendapatkan nomor virtual account. Nomor Virtual Account ini akan berbeda untuk setiap pelanggan dan setiap transaksinya.

Berbeda dengan transfer melalu bank secara manual, pembayaran menggunakan virtual account tidak lagi memerlukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan foto bukti transfer ataupun screenshot m-banking. Anda cukup melakukan pembayaran sesuai dengan nilai invoice ke ID virtual account yang diberikan oleh penjual. Jika pembayaran sukses, maka transaksi akan langsung tercatat secara otomatis.

Manfaat Virtual Account

Pembayaran dengan menggunakan virtual account memberikan manfaat bagi perusahaan maupun pelanggan. Manfaat yang akan dirasakan pelanggan adalah mudah dan praktisnya proses pembayaran. Pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual dengan mengirimkan bukti transfer seperti foto, karena sistem virtual account dapat membaca dan mengkonfirmasi langsung pembayaran yang anda lakukan secara otomatis.

Sedangkan, manfaat bagi perusahaan ialah membantu dalam mendapatkan pembayaran yang lebih cepat. Uang yang dikirimkan pelanggan melalui virtual account akan langsung masuk ke rekening perusahaan secara real time. Tak hanya itu, transaksi juga akan tercatat langsung ke pembukuan akun perusahaan, sehingga tidak perlu mengecek lagi secara manual satu per satu.

Cara Kerja Virtual Account

cara kerja virtual account

Walaupun sudah banyak yang sering menggunakan pembayaran melalui virtual account, namun mungkin masih banyak pula yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja virtual account. Berikut mekanismenya:

  • Merchant/toko online/e-commerce memberitahu pelanggan untuk melakukan pembayaran
  • Setelah itu, Merchant menginformasikan nomor invoice atau nomor virtual account untuk selanjutnya dibayarkan oleh pelanggan yang melakukan pembelian barang/jasa.
  • Setiap nomor VA akan dihubungkan kepada pembeli dan juga invoice.
  • Setelah pembayaran diterima, merchant akan mendapat informasi bahwa pelanggan telah melakukan pembayaran, dan merchant dapat langsung mengidentifikasi pelanggan dari invoice.

Metode Pembayaran Virtual Account

Menggunakan virtual account sebagai sarana pembayaran akan menjadi solusi yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan virtual account ini Anda juga tidak perlu repot-repot untuk membuka banyak akun bank untuk menerima pembayaran dari berbagai bank besar di Indonesia. Karena hanya dengan menggunakan satu rekening, Anda dapat menerima pembayaran dari berbagai bank besar seperti :

  1. BCA (Bank Central Asia)
  2. Bank Mandiri
  3. BNI (Bank Negara Indonesia)
  4. Bank Danamon
  5. Permata Bank
  6. Maybank
  7. CIMB Niaga
  8. OCBC NISP

Lalu bagaimana pelanggan dapat melakukan pembayaran ke virtual account melalui bank-bank besar tersebut? Berikut cara pembayarannya :

BCA (Bank Central Asia)

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pembayaran virtual account di BCA adalah via Teller, menu transfer dari bank lain, ATM, KlikBCA Individual, KlikBCA Bisnis dan M-BCA (BCA Mobile). Panduan selengkapnya dapat Anda baca di artikel berikut.

Bank Mandiri

Untuk pembayaran virtual account Bank Mandiri dapat dilakukan melalui transfer via ATM, iBanking dan mBanking. Penjelasan lebih detailnya dapat Anda baca di artikel Bank Mandiri dan menanyakan langsung via layanan chat yang tersedia di bagian kanan bawah website Bank Mandiri.

Bank Negara Indonesia (BNI)

Tidak berbeda dari bank lainnya, pembayaran virtual account BNI dapat dilakukan melalui transfer ATM, transfer iBanking, transfer mobile Banking dan SMS Banking. Informasi lebih detail dapat anda baca di artikel virtual account BNI dan dapat Anda tanyakan langsung melalui kontak dan layanan chat yang disediakan.

Bank Danamon

Jika Anda adalah nasabah dari Bank Danamon, maka pembayaran dapat dilakukan melalui transfer via ATM, Internet Banking, serta Mobile Banking. Simulasi secara detailnya dapat Anda lihat langsung di blog bank danamon atau menanyakan langsung ke Customer Service.

Permata Bank

Bank Permata juga menyediakan layanan virtual account yang dapat Anda bayarkan melalui transfer ATM, I-Banking dan M-Banking. Jika dalam proses pembayaran terdapat kendala, Anda dapat langsung menghubungi Layanan Bank Permata.

Maybank

Untuk pembayaran virtual account Maybank, tersedia beberapa cara pembayaran diantaranya via Maybank ATM, Maybank2u internet banking, Maybank SMS Banking, Melalui USSD, via ATM lain. Maybank menyediakan tutorial pembayaran virtual account nusatrip yang dapat Anda baca di artikel berikut.

CIMB Niaga

Bagi nasabah Bank CIMB Niaga, Anda dapat melakukan pembayaran virtual account melalui counter cabang CIMB Niaga, ATM CIMB Niaga dan ATM Bersama, Internet Banking dan Bank Lain (SKN / LLG / RTGS / Remittance). Informasi lebih lengkap dapat Anda baca di halaman virtual account CIMB Niaga.

OCBC NISP

Saat ini OCBC NISP juga menyediakan layanan virtual account. Pembayaran virtual account OCBC NISP dapat Anda lakukan melalui Setoran Tunai/Cek/Bilyet Giro/Pemindahbukuan melalui Cabang Bank OCBC NISP, Transfer antar Bank (SKN/RTGS/Telegraphic Transfer), ATM/EDC/Internet Banking/Mobile Banking OCBC NISP , jaringan ATM Bersama/ATM Prima. Untuk informasi selengkapnya dapat dibaca di website OCBC NISP mengenai virtual account.

Virtual Account Prismalink International

Di Indonesia, sebanyak 80% transaksi masih dilakukan melalui transfer bank. Prismalink International menyediakan layanan virtual account dari berbagai bank ternama di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI, Danamon, Permata, Maybank, CIMB Niaga dan juga OCBC NISP.

Prismalink sebagai payment gateway Indonesia membantu merchant melakukan penghematan waktu dan biaya untuk menerima pembayaran dari pembeli melalui berbagai bank. Bersama Prismalink, Anda dapat langsung terhubung dengan semua bank besar tersebut dan menerima pembayaran melalui satu rekening saja.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar virtual account, dapat langsung menghubungi tim support Prismalink yang siap membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.