web analytics

Blog & News

Latest news and tips around financial, banking, fintech and business

Komponen Laporan Keuangan yang Berpengaruh Bagi Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan yang baik, laporan keuangan menjadi faktor yang sangat menentukan roda perusahaan. Semakin baik dan rinci laporan keuangan perusahaan maka semakin memberi dampak positif kepada perusahaan, oleh karena itu laporan keuangan perusahaan harus dibuat sebaik mungkin. Terdapat 5 komponen dasar laporan keuangan yang dapat mendukung terciptanya laporan keuangan yang baik, namun ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian laporan keuangan dan kegunaannya.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Bisa juga diartikan dengan catatan informasi keuangan yang disusun rapih oleh perusahaan untuk mengevaluasi kinerja perusahaannya.

Menurut salah satu ahli, Gitman(2012:44) “Laporan tahunan yang dimiliki perusahaan dan harus diberikan kepada pemegang saham, merangkum dan mendokumentasikan kegiatan keuangan selama satu tahun terakhir.”

Kegunaan Laporan Keuangan

Kegunaan Laporan Keuangan

Laporan keuangan digunakan sebagai alat pertanggungjawaban bagi pengurus suatu perusahaan. Oleh karena itu, laporan keuangan wajib disampaikan kepada pemilik perusahaan. Namun, dengan semakin besarnya keterlibatan pihak lain, laporan keuangan kemudian menjadi bagian yang penting pula bagi pihak lain yang bukan pemilik. Laporan keuangan juga digunakan untuk menghilangkan kondisi dimana informasi yang dimiliki oleh satu pihak lebih banyak dibandingkan dengan pihak lainnya. Seperti informasi yang dimiliki oleh Direksi perusahaan lebih banyak dibandingkan dengan informasi yang dimiliki oleh pemilik perusahaan. Sehingga, dengan adanya laporan keuangan, informasi akan tersebar secara merata antara pengelola dan pemilik perusahaan.

5 Komponen Dasar Laporan Keuangan

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan terdiri dari 5 jenis laporan, yaitu:

Laporan Laba dan Rugi

Laporan laba dan rugi adalah perpaduan/gabungan antara pemasukan dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan. Laporan laba adalah laporan pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan. Sedangkan laporan rugi adalah banyaknya pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan demi mendapatkan keuntungan. Laporan laba rugi ini berguna untuk menilai kinerja perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

Modal ialah sebuah roda penggerak suatu perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus mampu mengontrol dan mempertahankan perkembangan modal yang dimilki, dari waktu ke waktu.

Pembuatan laporan perubahan modal bertujuan untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat hak kepemilikan modal dan perusahaan tersebut dengan jumlah periode yang telah ditentukan. Bentuk pembuatan laporan ini terdiri dari investasi, saldo laba dan rugi hingga kepemilikkan pribadi.

Laporan Neraca

Laporan neraca yang diperlukan perusahaan terdiri dari 3 hal paling utama, yaitu aktiva, kewajiban dan modal. Tiga hal tersebut, harus berada dalam ukuran yang seimbang demi kebaikan perusahaan itu sendiri. Pembuatan laporan neraca dimaksudkan agar kekayaan perusahaan dapat diketahui secara lebih detail, maka laporan neraca perusahaan wajib disusun secara sistematis dan kronologis.

Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Arus kas dalam perusahaan digunakan  sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang, maka harus dibuat laporan baku yang menjelaskan secara rinci tentang kas perusahaan. Laporan arus kas ini berisikan kas masuk dan kas keluar, yang hitungannya tergantung pada berapa periode yang diinginkan.

Rangkuman Laporan Keuangan

Laporan ini merupakan rangkuman dari semua laporan yang telah dibuat. Dengan kata lain, laporan ini berisi gabungan dari laporan neraca, cash flow hingga realisasi anggaran dengan metode naratif yang telah dirangkum.

Setelah mengetahui pengertian, kegunaan dan 5 komponen dasar laporan keuangan diatas, tentunya membuat siapapun tidak bisa lagi memandang hal ini tidak begitu penting. Karena tak bisa dipungkiri bahwa laporan keuangan adalah hal vital bagi tiap perusahaan untuk terus bergerak maju.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Head Office

Dipo Business Center 
Rukan Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, 
Jakarta Pusat-10260
Indonesia

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.

Head Office

Rukan Dipo Business Center Blok B8,
Jl.Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta Pusat
10260

Contact Us

© 2018 Prismalink International Payment Gateway Indonesia. All rights reserved.