web analytics

Bayar-Bayar Makin Praktis, Yuk Pakai Fixed Virtual Account

Transaksi belanja yang aman dan praktis, sekarang bukan lagi impian. Pemilik eCommerce atau bisnis dapat menerima pembayaran instan dan real-time dengan Fixed Virtual Account (Fixed VA). Tanpa repot berganti-ganti nomor VA, pembayaran praktis ini sangat ideal bagi bisnis dengan model berlangganan.

Dalam hitungan detik, pembayaran dapat diverifikasi dan pesanan bisa langsung ditangani. Mari kita pelajari lebih lanjut mengenai Virtual Account dan Fixed Virtual Account di artikel kali ini, ya!

Apa itu Virtual Account?


Sebenarnya, nomor Virtual Account (VA)  sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas. Namun, apa yang dimaksud dengan Virtual Account (VA)? Virtual Account (VA) adalah suatu nomor rekening virtual (tidak nyata) yang dibuat secara otomatis dalam bentuk ID unik tertentu untuk mempermudah pembayaran secara online.

Pada umumnya, nomor VA digunakan sebagai sarana penerimaan dana transaksi (collection). Nomor VA terdiri dari suatu deretan angka yang diterbitkan oleh pihak bank. Tujuan pembuatan VA adalah memudahkan pengguna atau nasabah dalam melakukan pembayaran saat bertransaksi online.

Untuk transaksi yang dilakukan berulang (model berlangganan), maka setiap pengguna hanya akan mendapatkan satu nomor VA yang tidak akan berubah sama sekali, inilah yang dikenal dengan istilah Fixed Virtual Account (Fixed VA).

Mengenal Fixed Virtual Account

Lebih lanjut lagi, apa Fixed Virtual Account (Fixed VA) itu? Sesuai namanya, Fixed Virtual Account adalah nomor Virtual Account yang konstan atau tidak pernah berubah sampai kapanpun.

Contohnya, katakanlah Andi berlangganan fitness di Pusat Kebugaran Alabama dan mendapatkan Fixed Virtual Account 123456789101112 untuk membayar tagihan bulanan. Maka, sampai kapanpun nomor Fixed Virtual Account Andi akan tetap sama, yaitu 123456789101112. Sehingga, Andi dapat melakukan pembayaran setiap bulannya ke nomor Fixed Virtual Account tersebut tanpa khawatir nomornya berganti.

Baca Juga: Hanya Dipakai Satu Kali, Apa itu Non-Fixed Virtual Account?


Jadi, dapat dibilang Fixed Virtual Account ini memang sangat ideal bagi para pelanggan yang membeli dengan model berlangganan secara berkala. Pelanggan bisa melakukan transaksi berulang ke nomor VA yang sama dari waktu ke waktu.

Mendapatkan Virtual Account Khusus

Jika para pengguna ingin memperoleh Virtual Account khusus. Misalnya Virtual Account  untuk perusahaan, bisnis, toko, atau restoran, maka dapat membuat sendiri dengan dukungan aplikasi fintech yang kredibel.

Selanjutnya, setelah nomor Fixed Virtual Account telah dibuat, dapat langsung ditampilkan atau ditunjukkan kepada pelanggan yang ingin melakukan pembayaran. Bahkan, seringkali nomor Fixed Virtual Account ditampilkan pada invoice digital, agar pelanggan atau pengguna bisa lebih cepat menyalin atau copy paste saat akan mentransfer uang secara digital.

Perlu diketahui, VA umumnya terdiri dari 15 digit. Akan tetapi, ada pula beberapa bank yang merilis hingga 18 digit. Contohnya seperti Virtual Account BCA yang terdiri dari sekitar 16 digit. Lima digit awal adalah kode khusus bank BCA, sedangkan digit sisanya adalah kode yang bisa ditentukan sendiri oleh perusahaan sesuai kebutuhan.

Apabila pembayaran yang dilakukan ke Fixed Virtual Account sukses dilakukan, sistem payment gateway akan memberikan notifikasi secara real time melalui portal laporan transaksi atau sistem yang dimiliki oleh merchant.

Permudah Proses Pembayaran Bisnis dengan PrismaLink!

Mau pembayaran bisnis atau tokomu makin cepat dan praktis dengan Fixed Virtual Account? PrismaLink menyediakan kemudahan untuk dapat terhubung dengan layanan Virtual Account ke lebih dari sepuluh Bank besar di Indonesia seperti, BCA, Mandiri, BNI, Maybank, CIMB Niaga, OCBC NISP, OCBC Syariah, Permata Bank, Permata Syariah dan Danamon.

Dengan menggunakan layanan dari PrismaLink, Anda tidak perlu lagi mengidentifikasi pembayaran secara manual dan tidak perlu membuka rekening di sepuluh bank besar. Cukup dengan terhubung bersama PrismaLink, Anda bisa langsung mendapatkan akses ke seluruh Virtual Account bank-bank besar di Indonesia cukup dengan satu rekening saja.

Sebagai Payment Gateway Indonesia yang berfokus membantu pelanggan untuk mempermudah proses pembayaran, PrismaLink juga menyediakan beragam metode pembayaran lainnya, seperti kartu kredit, kartu debit (Debit Instan), pembayaran melalui gerai retail, virtual account (transfer bank), QRIS, hingga kredit tanpa kartu (paylater).

Menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan terbukti dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan PrismaLink Anda dapat memiliki sistem pembayaran dengan mudah dan cepat bahkan jika Anda tidak memiliki website sekalipun Anda dapat membagikan link pembayaran (payment link) melalui media komunikasi apapun.

Tingkatkan bisnismu ke level berikutnya dengan PrismaLink. Daftarkan bisnis individu atau perusahaanmu sekarang! Cukup bayar setiap transaksi sukses tanpa biaya bulanan atau biaya tersembunyi lainnya. Pelajari layanan selengkapnya di website PrismaLink.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published.