web analytics

Hanya Dipakai Satu Kali, Apa itu Non-Fixed Virtual Account?

Belakangan ini, semakin banyak konsumen yang beralih ke pembayaran digital ketimbang pembayaran tradisional terutama semenjak pandemi Covid-19 berlangsung. Dengan kondisi seperti ini, semakin banyak pedagang atau pemilik bisnis (merchant) meningkatkan layanan bisnis mereka dengan memberikan kemudahan pembayaran melalui virtual account (VA)

Dengan menggunakan layanan virtual account, merchant tidak perlu lagi menerima uang tunai, mengkonfirmasi pembayaran manual hingga memproses pencatatan secara manual. Andapun dapat meningkatkan layanan menjadi lebih modern bahkan menerima pesanan dari seluruh Indonesia dengan menggunakan sistem pembayaran bisnis melalui virtual account. Salah satu layanan VA yang paling banyak digunakan oleh pemilik bisnis saat ini adalah non-fixed virtual account atau non-fixed VA.

PrismaLink sebagai platform payment gateway Indonesia telah menggandeng delapan bank ternama tanah air untuk mempermudah integrasi pembayaran melalui virtual account.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tenatang pembayaran modern dengan virtual account? Mari, kita pelajari dulu apa itu virtual account di artikel berikut!

Apa itu Virtual Account?

Secara umum, virtual account atau akun virtual adalah suatu rekening virtual yang dibuat secara non fisik atau online. Dengan menambahkan sejumlah detail dasar seperti nama, nomor ponsel, alamat email, dan lainnya, maka virtual account bisa dibuat. Dengan menggunakan akun virtual ini, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah, cepat dan mulus.

Virtual account adalah solusi yang ideal bagi bisnis atau perusahaan yang ingin menyederhanakan proses pembayaran. Tanpa perlu ribet memeriksa rekening satu per satu untuk mengkonfirmasi pembayaran, membuka banyak rekening bank, memberikan kembalian recehan, atau antrian panjang, pembayaran dapat dilakukan secara online via ponsel.

Virtual account terbagi menjadi dua kategori. Yaitu, fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Kali ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai non-fixed virtual account. Simak, ya!

Apa itu Non-Fixed Virtual Account?

Sekilas tentang fixed virtual account adalah rekening virtual yang nomornya tidak pernah berubah sampai kapanpun. Sementara itu, non-fixed virtual account adalah nomor rekening yang hanya dibuat satu kali dalam satu transaksi. Setelah transaksi pembayaran selesai dilakukan maka non-fixed VA sudah tidak bisa dipakai lagi.

Baca Juga: Bayar-Bayar Makin Praktis, Yuk Pakai Fixed Virtual Account


Umumnya, non-fixed virtual account dipakai khusus dalam satu invoice atau satu kali pembayaran. Sebagai contoh, katakanlah kamu akan membeli sepatu di e-Commerce. Maka, website e-Commerce akan membuat non-fixed VA agar kamu bisa membayar sepatu tersebut. Setelah pembayaran selesai, maka non-fixed VA yang sudah dirilis tadi, akan segera kadaluwarsa.

Membuat Virtual Account di PrismaLink

PrismaLink sangat mendukung ekonomi lokal dan UKM untuk mengembangkan usaha dengan pembayaran praktis dan modern. Dengan membuat virtual account melalui payment gateway PrismaLink, bisnis atau toko akan lebih mudah melacak setiap transaksi.

Apabila terdapat pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan virtual account, maka PrismaLink akan mengirimkan notifikasi pembayran secara otomatis. Selanjutnya, pemilik usaha dapat login ke website PrismaLink dan masuk ke dashboard. Dari dashboard dapat terlihat detail-detail transaksi yang sudah dibayar pelanggan. Sehingga, pengelolaan keuangan bisnis semakin mudah dan real-time.

Bank yang Mendukung Transaksi non-fixed Virtual Account PrismaLink

PrismaLink adalah platform payment gateway ternama di Indonesia yang didukung oleh bank-bank besar seperti OCBC NISP, BCA, Danamon, CIMB, Niaga, Permata, Bank BNI, Mandiri, dan Maybank.

Untuk mempermudah proses pembayaran dan meningkatkan kenyamanan customer, Anda dapat mengaktifkan layanan non-fixed virtual account ini ke dalam sistem pembayaran Anda, baik melalui API maupun plugin. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan penjualan bisnis dengan menyediakan beragam metode pembayaran lainnya kepada pelanggan.

Mulai dari virtual account (transfer bank), kartu kredit/ kartu debit, gerai ritel, dompet digital, Debit Instan (Debitin), QRIS hingga kredit tanpa kartu (paylater). Semua layanan pembayaran ini dapat Anda gunakan dan cukup membayar sesuai dengan transaksi sukses saja, GRATIS biaya bulanan dan tidak ada biaya tersembunyi lainnya.

Tertarik untuk mengaktifasi layanan non-fixed virtual account dan metode pembayaran lainnya? Segera daftar untuk mulai menggunakan layanan dari PrismaLink atau kunjungi website kami untuk mempelajari informasi selengkapnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published.